8 Kemampuan yang Wajib Dimiliki Demi Masa Depan Sukses

Life Skills

Pernahkah Anda menanyakan kepada diri Anda sendiri, “sudahkah saya layak untuk meraih kesuksesan?” Jawaban dari pertanyaan itu pastinya akan sangat panjang. Tidak hanya berhenti pada “sudah” atau “belum”, jawaban itu kemudian akan diikuti “mengapa bisa begitu ya?” Jawaban dari “mengapa” itulah yang akan panjang. Belum lagi kalau ada pertanyaan baru misalnya “kapan saya akan sukses?”

Pertanyaan-pertanyaan itu kemudian akan mengarahkan diri Anda pada evaluasi diri. Mungkin pertanyaan-pertanyaan itu juga akan mengarahkan Anda pada memori-memori yang kelam. Seperti berbagai rencana yang sudah Anda susun ternyata tidak berjalan mulus. Begitu juga dengan usaha yang telah Anda lakukan selama ini berakhir kandas. 

Jika Anda sudah pada tahap mempertanyakan hal itu, berbagai hal evaluatif terhadap pencapaian Anda selama ini sebenarnya Anda sudah satu langkah lebih maju. Berbagai hal evaluatif itulah yang kemudian mendorong Anda untuk mempelajari tantangan yang sedang Anda hadapi. Karena hal itulah mungkin Anda akhirnya tiba pada artikel ini.

Artikel ini akan membahas secara ringkas mengenai apa itu kecakapan hidup yang oleh Yodhia Antariksa disebut-sebut sebagai kunci meraih masa depan yang lebih epik. Kecakapan hidup atau istilah kerennya life skills disadur dari Buku Life Skills karya Yodhia Antariksa adalah serangkaian kemampuan kunci yang diperlukan guna mengelola berbagai tantangan hidup yang menghampiri kita sehari-hari.

Dalam Buku Life Skills,Yodhia Antariksa memaparkan setidaknya ada delapan kemampuan kunci yang wajib Anda miliki jika ingin meraih kesuksesan. Kemampuan tersebut meliputi:

  1. Self Learning Skills

Kemampuan belajar otodidak / belajar mandiri (self-directed learning) ini sangat penting mengingat bahwa ilmu yang kita pelajari dari bangku sekolah/ kuliah seringkali tidak cukup aplikatif. Dunia kerja saat ini juga membutuhkan sumber daya manusia yang handal dan memiliki nilai plus (level kecakapan yang tinggi). Jika Anda hanya mengandalkan kemampuan yang diajarkan di ruang kelas, Anda hanya akan menjadi manusia rata-rata. Maka dari itu, belajar mandiri sudah menjadi kewajiban jika Anda ingin memiliki poin plus. Topik tentang Self-Learning Skills dibahas lebih dalam di artikel lain yang berjudul Self Learning Skills: Kunci Sukses di Era Digital.

  1. Grit & Resiliency Skills

Kegigihan atau daya juang adalah salah satu skill yang paling sering muncul pada hasil penelitian mengenai faktor kesuksesan seseorang. Logikanya, bagaimana seseorang bisa meraih impiannya jika ia tidak gigih mengejar impian? Anda jelas membutuhkan aksi nyata yang konsisten dalam meraih impian-impian Anda. Rencana yang rapi dan detail tidak akan mengantarkan Anda pada kesuksesan jika Anda masih bermalas-malasan dan tidak mau berjuang.

  1. Creative Problem Solving Skills

Sederhananya, ketika Anda menghadapi masalah, Anda mampu menemukan solusi dari permasalahan tersebut secara kreatif dan aplikatif. Kemampuan ini sangat dibutuhkan karena setiap harinya kita pasti dihadapkan berbagai permasalahan dan tantangan. Mulai dari yang skalanya kecil, sedang, hingga besar. Tanpa kemampuan pemecahan masalah secara kreatif, bisa jadi Anda bukannya mengurangi permasalahan tapi justru menambah masalah. Padahal perlu Anda ingat, setiap orang baru bisa mencapai level sukses ketika ia berhasil menghadapi berbagai tantangan dan permasalahan.

  1. Personal Productivity Skills

Kemampuan ini dapat diartikan sebagai kecakapan yang kita butuhkan untuk menjalankan berbagai teknik dan strategi agar bisa produktif. Sangat sedikit atau bahkan hampir tidak ada orang di dunia ini yang bisa sukses dengan bermalas-malasan. Mereka yang saat ini terlihat bermalas-malasan namun mencapai kesuksesan, bisa jadi dulunya bekerja sangat keras untuk mencapai level produktivitas yang maksimal. Maka dari itu, buang jauh-jauh harapan Anda untuk bisa sukses dengan bermalas-malasan.

  1. Mind Management Skills

Yodhia Antariksa dalam bukunya Life Skills juga menerangkan bahwa kesuksesan bar bisa diraih jika ada dukungan mindset yang positif. Hal ini karena mental yang positif dan optimis akan mendukung kita untuk meraih tujuan yang kita harapkan. Oleh karena itu, Anda perlu melatih mindset Anda agar mendukung impian Anda.

  1. Professional Manner

Kecakapan ini dapat dimaknai sebagai kemampuan menunjukkan tata cara dan etika kerja secara profesional. Ada banyak etika profesional yang wajib Anda miliki. Dapat kita ambil contoh mengenai ketepatan waktu. Jika Anda saat ini masih sering ngaret saat janjian bertemu orang atau prokrastinasi saat mengerjakan tugas, sebaiknya Anda segera mengubah kebiasaan tersebut. Di dunia profesional, hal tersebut menjadi haram hukumnya. Apalagi jika Anda harus bekerja dengan orang-orang dengan budaya tepat waktu yang tinggi, semisal orang Jepang.

  1. Digital Literacy Skills

Di era digital ini, kehidupan kita sangat terbantu sekali dan begitu dimudahkan. Oleh karena itu, Anda sudah seharusnya memanfaatkan teknologi digital yang tersedia untuk meraih impian Anda. Contoh kecilnya adalah saat Anda hendak melamar pekerjaan, Anda dapat menggunakan email untuk mengirim surat lamaran dan portofolio. Anda belum tahu bagaimana caranya mengirim email lamaran kerja? Anda tinggal mencari contohnya di Google saja. Jangan asal buat dan kirim. Itulah salah satu contoh pentingnya literasi digital.

  1. Money Management Skills

Kecakapan ini meliputi kemampuan untuk mendapatkan, mengelola, menginvestasikan, serta membelanjakan uang secara cerdas, bijak dan produktif. Secara ringkas terdiri dari 3 pilar yakni cara mendapatkan uang, cara membelanjakan uang, serta investasi. Ilmu dari ketiga pilar tersebut harus kita kuasai agar masa sekarang dan masa depan kita terjamin.

Itu tadi 8 kecakapan hidup (life skills) yang menurut Yodhia Antariksa wajib kita miliki jika ingin meraih kesuksesan. Jika Anda ingin mengetahui bagaimana cara menguasai kemampuan-kemampuan tersebut, Anda dapat membeli buku Life Skills di sini. Dalam buku tersebut, Yodhia Antariksa menyajikan langkah-langkah aplikatif agar Anda bisa menguasai kedelapan life skills tadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *