Belajar Menghargai Waktu Dari Orang-orang Sukses Ini!

Bill Gates (Sumber: Gates Notes)

Jika Anda masih senang menghabiskan waktu dengan bermalas-malasan, Anda sebaiknya tidak perlu mengeluhkan lagi nasib hidup Anda! Kenapa? karena Anda hanya akan mendapat apa yang Anda berikan. Apa yang kalian lakukan dengan waktu kalian, itulah yang akan kalian dapatkan.

Oleh karenanya, jika kalian menginginkan kesuksesan maka gunakanlah waktu kalian sebaik mungkin. Jangan membuang-buang waktu Anda hanya untuk kesenangan sesaat, namun akan membuat hidup Anda merana di kemudian hari. Anda bisa belajar menghargai dan menggunakan waktu Anda dari kebiasaan-kebiasaan orang-orang sukses ini.

Bill Gates

Tak ada orang sukses tanpa adanya kerja keras. Hukum itu juga berlaku untuk salah satu orang terkaya di dunia, Bill Gates. Di masa mudanya, Gates punya pandangan bahwa ia harus bekerja keras untuk meraih impiannya. Ia bahkan merasa bahwa hari libur itu tidak perlu. Hal ini demi membangun bisnisnya, yakni Microsoft, salah satu perusahaan raksasa teknologi dunia. 

Hal lain yang tak bisa dilepaskan dari Gates adalah kebiasaannya membaca buku. Ia sudah senang membaca buku sejak ia masih kecil. Hingga kini, di usianya yang sudah lebih dari 60 tahun Gates masih tetap senang membaca buku. Ia bahkan sering membagikan rekomendasi buku-buku yang telah ia baca melalui blog pribadinya, Gates Notes. 

Tak lupa, Gates juga meluangkan waktunya untuk keluarga tercintanya. Ia sering menghabiskan waktu dengan istri dan anak-anaknya. Selain itu, ia juga seringkali berkeliling dunia untuk melakukan kegiatan-kegiatan amal bersama istrinya, Melinda Gates. 

Elon Musk

Sosok yang akhir-akhir ini sering masuk pemberitaan di Indonesia setelah ditelepon Presiden Joko Widodo untuk berinvestasi di Indonesia ini juga punya kebiasaan yang layak ditiru. Sebagai pentolan dari beberapa perusahaan teknologi besar, seperti Tesla dan SpaceX, Musk mengisi hari-harinya dengan bekerja dan bekerja. Ia bahkan pernah menceritakan bahwa di beberapa hari ulang tahunnya ia masih tetap bekerja untuk perusahaannya. 

Namun dibalik padatnya aktivitas itu, Musk masih meluangkan waktu untuk memberikan asupan nutrisi pada otaknya. Ia selalu meluangkan waktu untuk membaca buku. Tak hanya itu, ia juga rutin pergi ke pusat kebugaran 1-2 kali dalam seminggu untuk menjaga kesehatannya. Dari kebiasaan-kebiasan itu, kita bisa belajar bahwa meskipun pekerjaannya begitu menyita banyak waktu, namun Musk selalu menyediakan waktu untuk mengembangkan diri dengan membaca buku dan menjaga kesehatan dengan berolahraga.

Mark Zuckerberg

Anak muda jaman sekarang siapa yang tak kenal dengan sosok ‘anak muda panutan’ ini. Mulai dari Facebook, Instagram, hingga Whatsapp adalah perusahaan besar di bawah kendalinya. Oleh karena padatnya kegiatannya mengurus perusahaan-perusahaan itu, Zuck sangat ketat dalam mengatur waktu. 

Pertama, ia pasti akan menghabiskan sekian waktunya bersama keluarga kecilnya. Zuck memang dikenal sosok family man. Melalui Instagram resminya, Zuck sering membagikan momen-momen manis bersama istrinya, Priscilla Chan dan kedua anak mereka.

Di samping itu, Zuck juga pasti menyediakan waktu untuk berolahraga agar kebugaran tubuhnya tetap terjaga. Olahraga kesukaannya adalah berlari. Kemudian, sama seperti kebanyakan orang-orang dalam daftar ini, Zuck juga menjadikan membaca buku sebagai rutinitasnya. Ia juga menginvestasikan waktunya untuk mempelajari hal-hal baru, salah satunya adalah belajar bahasa Mandarin.

Jeff Bezos

Bezos yang merupakan pemilik perusahaan e-commerce terbesar Amazon ini memiliki pengaturan waktu yang sangat ketat. Ia menjadikan bangun pagi sebagai bagian dari rutinitas hariannya. Untuk itu, ia juga membiasakan berangkat tidur lebih awal agar bisa bangun pagi. Bezos mengatakan bahwa setidaknya ia tidur delapan jam setiap malamnya. 

Bukan hanya karena alasan kesehatan, Bezos ternyata mempunyai alasan lain membangun kebiasaan tidur cukup. Ia merasa bahwa dengan tidur cukup, dirinya menjadi lebih berenergi. Selain itu, suasana hatinya pun baik serta membuatnya berpikir lebih jernih. Hal ini tentunya sangat dibutuhkannya dalam mengembangkan bisnisnya.

Tim Cook

Siapa tak kenal dengan Apple? Salah satu perusahaan dengan valuasi terbesar ini masih tetap eksis setelah ditinggalkan sosok pendirinya yang kharismatik, Steve Jobs. Tak lain adalah berkat tangan dingin Tim Cook yang menggantikan Jobs menahkodai Apple.

Sama seperti kebanyakan orang-orang dalam daftar ini, Tim Cook juga memiliki kebiasaan menghargai waktu yang sangat baik. Salah satunya adalah ia menjadikan bangun pagi sebagai kebiasaan. Dengan demikian ia memiliki lebih banyak waktu untuk mengecek ratusan email yang masuk dan bahkan membalasnya.

Setelah itu, Cook pergi ke pusat kebugaran untuk berolahraga. Hal ini menurut Cook bukan hanya menjaga kondisi prima fisiknya, namun juga mentalnya. Dengan berolahraga, Cook bisa melepaskan stres karena padatnya kegiatan serta membantunya lebih siap untuk bekerja.

Dari sosok-sosok sukses tadi, kita bisa belajar bahwa disamping bekerja keras meraih impian, kita juga harus menghargai waktu dengan hal-hal positif lainnya. Baik itu untuk keluarga, untuk mengembangkan diri, untuk menjaga kesehatan, atau untuk kegiatan-kegiatan bernilai sosial.

Apakah Anda juga ingin bisa membangun kebiasaan-kebiasaan positif seperti sosok keren tadi? Anda bisa menguasai tips rahasianya dari buku “Change Your Habits, Change Your Life” karya Yodhia Antariksa. Jika Anda berminat dengan buku tersebut, Anda bisa mengklik link ini. Dapatkan BONUS menarik yang pastinya akan menjadikan waktu kalian lebih bermanfaat. Salam sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *